Kaldu Bubuk – Varian Rasa dan 5 Merk Kaldu Terbaik

Kaldu Bubuk – Varian Rasa dan 5 Merk Kaldu Terbaik

Apa itu kaldu bubuk?  Kaldu bubuk adalah bahan andalan bagi banyak orang untuk menambahkan rasa nikmat pada masakan. Kaldu sendiri berbahan dasar daging, tulang, ataupun sayuran yang diproses hingga sari patinya dapat dipakai sebagai penyedap masakan. Jenis kaldu bubuk yang sering ditemui adalah kaldu ayam, sapi, ikan dan jamur. Tanpa disadari, masing-masing dari kaldu tersebut kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Kaldu bubuk dari saripati ayam dipercaya dapat memperkuat sistem imun. Kaldu sapi dan ikan dapat membantu mengatasi masalah persendian, sedangkan kaldu jamur dapat menurunkan kadar kolesterol. Berikut selengkapnya!

Varian Rasa Kaldu Bubuk

Kaldu bubuk memiliki berbagai varian yang berdasarkan pada bahan yang digunakan untuk membuat kaldu tersebut. Maka dari itu, pemilihan varian rasa kaldu bubuk mungkin menjadi penting untuk anda. Varian rasa yang populer dikalangan masyarakat terdiri dari empat jenis, yaitu kaldu ayam, sapi, ikan, serta jamur.

Kaldu bubuk ayam memiliki citarasa gurih dan nikmat yang berasal dari daging dan tulang ayam. Kaldu sapi sangat cocok dipadukan untuk masakan berkuah karena memiliki rasa sedap dan meaty dari tulang dan daging sapi. Kaldu ikan identik dengan rasa gurih alami yang bersumber dari seluruh bagian ikan. Sedangkan kaldu jamur, citarasa nya mirip rasa daging hanya saja ini versi yang lebih sehat. Pilihlah jenis kaldu bubuk sesuai dengan rasa yang ingin ditambahkan, dan pastikan rasa tersebut cocok dengan jenis masakan anda.

Manfaat Kaldu Bubuk

Kaldu bubuk menjadi solusi instan yang digunakan untuk membuat masakan anda menjadi lebih nikmat. Selain itu, kaldu bubuk juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaat kaldu bubuk dari segi kesehatan?. Berikut manfaat yang dapat anda dapatkan ketika mengkonsumsi kaldu bubuk:

Mengatasi masalah pencernaan

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi kaldu bubuk dapat membantu mengatasi sakit perut ataupun pencernaan. Anda dapat menambahkan kaldu kedalam sup yang dikonsumsi ketika merasa tidak nyaman dengan pencernaan.

Membantu memenuhi kebutuhan protein

Kaldu bubuk terbuat dari protein hewani dan juga nabati yang kaya akan kadungan protein. Dengan mengkonsumsi kaldu bubuk setiap hari, ini akan membantu memenuhi asupan protein yang tentunya mempengaruhi kesehatan tubuh.

Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan nutrisi dalam kaldu membantu memperkuat sistem imun anda. Mengkonsumsi kaldu bubuk meningkatkan daya tahan tubuh yang mana dapat menunjang keseharian serta membuat anda tidak mudah terserang penyakit.

Mengatasi masalah persendian

Kaldu bubuk dengan protein hewani juga mengandung kalsium. Kandungan kalsium inilah yang membantu meredakan nyeri sendi dan juga radang sendi.

Menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut

Kandungan kolagen dalam kaldu bubuk membantu merawat kesehatan kulit, kuku, dan rambut yang mana memberikan efek anti-aging atau penuaan.

Mengatasi flu

Sup adalah hidangan yang cocok disantap ketika sakit. Menambahkan kaldu bubuk ayam dalam sup anda dipercaya dapat meringankan gejala flu, memperlancar saluran pernafasan, serta membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Meningkatkan metabolisme

Nutrisi yang terdapat dalam kaldu tulang membantu meningkatkan metabolisme yang juga mempengaruhi funsi tubuh untuk bekerja secara maksimal.

5 Rekomendasi Merk Kaldu Bubuk Terbaik

1. Lemonilo

Kaldu Bubuk
Source: Lazada.co.id

Yang membuat merk ini berbeda dengan produk lainnya yaitu kaldu bubuk ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Kaldu Lemonilo cocok dikonsumsi bagi para ibu yang tengah menyiapkan makanan pendamping ASI untuk sikecil.  Selain itu, kaldu ini juga bebas dari bahan perasa tambahan, pewarna buatan, serta pengawet.

2. Totole

Kaldu Bubuk
Source: KlikIndomaret.com

Totole merupakan salah satu merk kaldu jamur yang terkenal. Kaldu ini sangat cocok bagi anda yang ingin memulai hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi MSG. Karena bebas dari protein hewani, kaldu ini dapat dikonsumsi olehe vegetarian. Anda dapat menemukan kaldu jamur ini di Indomaret terdekat.

3. Royco

Kaldu Bubuk
Source: Royco.co.id

Jika berbicara tentang kaldu bubuk, mungkin yang pertama anda ingat adalah merk ini. Royco merupakan salah satu merk kaldu bubuk yang terkenal dari  generasi ke generasi. Varian rasa kaldunya terdiri dari rasa ayam dan sapi yang tergolong sangat gurih karena melalui proses yang lama dalam pembuatannya.

4. Sasa

Kaldu Bubuk
Source: Sasa.co.id

Sasa juga termasuk kedalam salah satu merk kaldu dan bumbu lainnya yang telah melekat dengan lidah orang Indonesia. Sasa kaldu bubuk memiliki 2 varian rasa yaitu ayam dan sapi. Merk kaldu ini sangat cocok dipadukan kedalam segala jenis masakan, baik yang berkuah, tumis, ataupun di goreng.

5. Masako

kaldu bubuk - masako
Sumber : Klikindomaret.com

Masako merupakan salah satu kaldu bubuk produk dari Ajinomoto.

Kaldu bubuk ini terbuat dari perpaduan antara daging pilihan berkualitas, bumbu dan rempah spesial. Ada 2 macam varian rasa yaitu kaldu bubuk rasa Ayam dan Sapi.

Demikian pembahasan Kaldu bubuk yang merupakan penyedap rasa yang praktis untuk anda tambahkan ke masakan agar lebih enak dinikmati. Selain membuat masakan lebih nikmat, kaldu ini juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Tentu saja, anda harus memilih varian rasa dan merk dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sampai jumpa di pembahasan berikutnya

×
ResepMamiku.com