Gula Aren – Kandungan, Manfaat, serta Proses Pembuatannya

Gula Aren – Kandungan, Manfaat, serta Proses Pembuatannya

Untuk menambahkan rasa manis kedalam apa yang di konsumsi, tentu saja kita memerlukan pemanis tambahan. Banyak jenis dari pemanis alami yang dapat anda pilih, gula aren menjadi salah satunya. Gula aren sendiri merupakan jenis pemanis alami yang berasal dari nira tandan bunga pohon aren. Gula aren dipercaya memiliki banyak manfaat yang dapat membantu anda menjaga kesehatan tubuh. Kira-kira kandungan apasaja ya yang terdapaat dalam gula ini? Berikut penjelasan mengenai kandungan, manfaat, serta proses pembuatan gula aren yang dapat anda pelajari.

 

Kandungan Gula Aren

Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana gula aren termasuk jenis gula yang aman untuk dikonsumsi. Selain karena berbahan dasar alami, gula aren juga kaya akan nutrisi yang berguna untuk tubuh. Kandungan dalam gula aren didominasi oleh karbohidrat sebesar 14,5 gram dalam takaran satu sendok makan. Gula ini juga memiliki banyak kandungan lain seperti fosfor, kalium, kalsium, magnesium, natrium, serat, vitamin B, serta antioksidan. Kekayaan nutrisi inilah yang membuat gula ini menjadi salah satu pemanis yang sehat dan juga aman untuk dikonsumsi.

Manfaat Gula Aren

Membantu menjaga gula darah agar tetap stabil

Dibandingkan dengan jenis pemanis buatan yang lain, gula aren memiliki kadar glukosa yang rendah sehingga aman dikonsumsi. Gula ini juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes yang kekurangan insulin, hanya saja harus dengan jumlah dan takaran yang wajar.

Sumber energi yang diperlukan tubuh

Kandungan karbohidrat dalam gula aren dapat membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi. Dengan ini, gula aren dapat dijadikan sebagai sumber energi tambahan untuk membuat stamina anda menjadi lebih prima.

Memenuhi kebutuhan mineral penting

Tubuh menghasilkan mineral alami bernama kalium yang dapat ditemukan pada sel otot dan tulang serta organ organ penting manusia, seperti sel darah dan hati. Kekurangan mineral ini dapat membuat anda memiliki resiko penyakit seperti gangguan otot, ginjal, dan jantung. Mengkonsumsi gula ini membantu memenuhi kebutuhan kalium yang diperlukan tubuh anda.

Mencegah dehidrasi

Dehidrasi terjadi karena keseimbangan air didalam tubuh terganggu. Seiring dengan perubahan elektrolit dalam tubuh, anda harus selalu menstabilkan jumlah air yang anda konsumsi dengan yang hilang. Disini, peran kalium dalam membantu anda menstabilkan kadar air yang dibutuhkan oleh tubuh anda yang mana dapat anda dapatkan dengan mengkonsumsi gula aren.

Mencegah resiko anemia

Resiko anemia dapat dihindari dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan zat besi dan vitamin B. Gula aren memiliki kedua nutrisi tersebut sehingga membantu mencegah kekurangan hemoglobin dalam darah yang menjadi faktor utama dari penyakit anemia.

Proses Pembuatan Gula Aren

Proses pembuatan gula aren tidaklah instan. Bahanya langsung diambil dari alam untuk kemudian di proses menjadi gula. Pembuatan gula ini juga memerlukan teknik khusus agar kualitas gulanya terjaga dan rasanya juga enak untuk dikonsumsi. Proses pembuatan gula aren sendiri dibagi menjadi beberapa tahap berikut ini:

Pengambilan nira

Pengambilan nira dilakukan dengan cara pengetokan terhadap tangkai tandan bunga. Pemukulan ini biasanya dilakukan dari pangkal pohon aren menuju ke arah tandan bunga. Proses ini tidak hanya dilakukan satu kali, melainkan selama satu bulan hinggan bunga tersebut gugur. Pengetokan di minggu pertama dilakukan dalam dua kali seminggu setelahnya dilakukan sekali saja tiap minggu. Baru kemudian air nira yang telah mengeluarkan aroma harum siap untuk diambil.

Proses memasak

Sebelum proses memasak, nira disaring telebih dahulu untuk mendapatkan hasil gula yang baik. Nila yang sudah disaring kemudian dimasak didalam wajan bertungku api sedang. Dalam proses pemasakan atau perebusan, nira harus terus diaduk agar tidak gosong dan pahit. Ini memakan waktu hinga 4 sampai 5 jam untuk akhirnya siap dicetak.

Pencetakan

Warna kecoklatan pada nira yang sedang direbus menandakan nira itu siap untuk dicetak. Cetakan yang dipakai untuk membuat gula aren biasanya dibuat dari batok kelapa ataupun bambu. Nira yang masih panas kemudian dituangkan kedalam cetakan lalu biarkan semalaman agar mengeras. Baru setelah itu dilakukan proses pengemasan.

Pengemasan

Kemasan yang di pakai untuk gula aren mulanya menggunakan bahan alami seperti daun pisang, daun kelapa, daun jati, dan pelepah pinang. Seiring berjalannya waktu, produsen mulai beralih menggunakan kemasan yang lebih modern yaitu berbahan dasar plastik.

 

Gula aren mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda dapat mencampurkan gula aren kedalam minuman atau langsung melarutkannya dengan air panas untuk kemudian dikonsumsi. Anda juga dapat menambahkan gula ini pada masakan agar memiliki rasa manis namun tetap sehat untuk disantap.

ResepMamiku