8 Rekomendasi Jajanan Lebaran Kiloan Enak dan Murah!

8 Rekomendasi Jajanan Lebaran Kiloan Enak dan Murah! Sumber gambar : cariduit.id

Hari Raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi, rasanya ada yang kurang jika tidak menyuguhkan camilan untuk para tamu. Biasanya, pada saat seperti inilah, jajanan lebaran kiloan jadi incaran para masyarakat.

Jajanan yang dijual dalam jumlah besar atau per kilogram (kiloan) memang makanan yang cocok untuk dibeli oleh keluarga yang ingin menyiapkan jajanan untuk para tamu yang akan datang ke rumah.

Selain itu, jajanan kiloan bisa didapatkan oleh para masyarakat dengan harga yang lebih murah dengan banyak variasi yang bermacam-macam. Tidak heran jika jajanan kiloan sangat dibutuhkan para masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Jajanan kiloan yang ada di pasar memang sangat banyak, mungkin Anda pun akan kebingungan memilih variasi yang cocok untuk para tamu.

Bagi Anda yang ingin membeli jajanan lebaran kiloan, berikut ini kami rekomendasikan 8 jenis jajanan yang wajib Anda beli!

Rekomendasi Jajanan Lebaran Kiloan

1. Kue Nastar

Jajanan lebaran kiloan : Nastar

Kue yang satu ini sudah pasti jadi camilan wajib pada saat lebaran. Kue kering dengan isian nanas ini memiliki ciri khas yang cukup kuat.

Selain isiannya, kue ini juga memiliki aroma butter yang begitu kuat dan cita rasanya yang gurih bercampur asam.
Kue nastar yang sering menjadi incaran para masyarakat yaitu kue nastar dengan bahan butter wisman, karena penggunaan butter wisman pada kue nastar diyakini memiliki cita rasa yang jauh lebih gurih dan lezat dibandingkan penggunaan butter pada umumnya.

Bagi Anda yang tertarik membeli kue nastar kiloan, Anda bisa menyiapkan budget sebesar Rp97,800/kg. Namun, jika ingin membeli nastar dengan butter wisman premium, Anda bisa menyiapkan uang sebesar Rp245,000/kg.

Baca Juga : Aneka Resep Kue Nastar

2. Keripik Singkong

Jajanan Lebaran Kiloan : Keripik Singkong
Sumber gambar : food.detik.com

Camilan sejuta umat ini sudah pasti jadi makanan ringan yang nggak bisa terlewatkan untuk disuguhkan ketika lebaran.

Keripik ini kerap menjadi primadona para masyarakat karena memiliki variasi rasa yang bermacam-macam.
Rasanya pun sangat universal, mulai dari asin, balado pedas, jagung manis, sapi panggang, jagung pedas, hingga lain-lain. Tentunya, camilan ini sangat cocok dimakan anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk harganya sendiri, Anda bisa mendapatkan harga yang berbeda-beda di tiap tempatnya, namun biasanya Anda bisa membeli keripik singkong mulai dari Rp30,000 – 70,000/kg.

3. Soes Coklat Kering

Jajanan Lebaran Kiloan : Soes coklat kering

Jajanan lebaran kiloan selanjutnya yang perlu Anda dapatkan adalah soes coklat kering. Soes coklat kering memiliki bentuk seperti kue soes basah, namun dengan bentuk yang lebih kecil dan tentunya kering.

Lelehan coklat yang bercampur dengan gurihnya adonan kue soes menjadikannya makanan yang digemari para masyarakat. Selain rasa coklat, Anda pun bisa menemukan beberapa rasa lainnya, seperti keju, blueberry, dan lain-lain.

Harga soes coklat kering per kilogramnya mulai dari Rp60,000.

Baca Juga : Resep Kue Soes Kering Isi Coklat

4. Kacang Atom

Jajanan Lebaran Kiloan : Kacang Atom
Sumber gambar : doktersehat.com

Camilan lebaran yang biasa Anda temui selanjutnya yaitu kacang. Anda akan sering menemukan jenis kacang-kacang yang ada di dalam toples. Salah satunya adalah kacang atom.

Camilan ini memang sangat enak untuk dimakan sembari mengobrol dengan para keluarga. Selain itu, kacang atom biasaya menjadi pilihan camilan karena tidak menimbulkan remahan yang jatuh ke lantai/baju.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli kacang atom, Anda bisa menyiapkan uang mulai dari Rp12,000 – Rp70,000.

5. Kue Gabus

Jajanan Lebaran Kiloan : kue gabus

Camilan klasik yang terbuat dari adonan tepung dan telur ini juga menjadi favorit para masyarakat pada saat Idul Fitri. Kue gabus punya tekstur yang renyah dengan cita rasa yang gurih dan asin.

Dengan cita rasanya yang lezat, Anda bisa menemukan kue gabus hampir di banyak tempat, bahkan di warung kecil sekalipun. Saat ini, camilan kue gabus mulai memiliki variasi bermacam-macam, seperti penambahan keju atau gula aren.

Bagi Anda yang tertarik dengan si kue gabus ini, Anda bisa membelinya dengan harga Rp30,000 – Rp50,000.

Baca Juga : Aneka Resep Kue Gabus

6. Basreng Pedas

Jajanan Lebaran Kiloan : Basreng
Sumber gambar : tokko.io

Bagi beberapa masyarakat, rasanya nggak komplit kalau makanan belum ada yang pedes-pedesnya. Nah, jajanan lebaran kiloan lain yang bisa Anda siapkan saat lebaran adalah basreng pedas.

Basreng pedas ini menjadi primadona di kalangan para pecinta pedas karena memiliki cita rasa pedas dan juga biasanya ada tambahan daun jeruk yang membuatnya menjadi lebih lezat.

Harga basreng pedas per kilogramnya bisa Anda dapatkan mulai dari Rp70,000 – Rp100,000.

7. Rengginang

Jajanan Lebaran Kiloan : Rengginang
Sumber gambar : suarakonsumen.co

Selain jadi camilan saat lebaran, rengginang memang jadi salah satu maskot camilan yang tidak lekang dari waktu. Bahkan, camilan yang satu ini bisa Anda temukan pada bungkus kue kering ketika sudah habis. Pokoknya, jajanan tradisional yang satu ini nggak boleh terlewatkan.

Bahan dasarnya yang terbuat dari beras ketan atau nasi yang kemudian dijemur hingga merekah ini memang tidak hanya menjadi camilan saja, terkadang menjadi makanan pendamping dari nasi.

Rengginang kiloan biasanya dijual dalam keadaan masih mentah, jadi Anda perlu menggorengnya terlebih dahulu. Bagi Anda yang tertarik membeli rengginang, Anda bisa membeli dengan harga mulai dari Rp40,000.

8. Keripik Pisang

Jajanan Lebaran Kiloan : Keripik Pisang
Sumber gambar : sweetrip.id

Jajanan lebaran kiloan yang satu ini punya cita rasa yang cukup unik, Anda bisa merasakan manis bercampur gurih yang ada dalam keripik pisang ini. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa variasi rasa lainnya.

Saat ini, sudah ada banyak variasi rasa pada keripik pisang, seperti taburan coklat, gula halus, dan tentunya adalah grama yang menjadi primadona para masyarakat.

Bagi Anda yang ingin membeli keripik pisang kiloan, Anda bisa membelinya dengan harga Rp20,000.

Tips Membeli Jajanan Lebaran Kiloan Untuk Lebaran

Sebenarnya, memang masih ada banyak camilan yang bisa Anda suguhkan untuk para tamu saat lebaran, namun daftar camilan di atas tadi jadi jajanan lebaran kiloan yang paling sering dibeli oleh para masyarakat. Jadi, kami berikan rekomendasi terbaik untuk Anda.

Sebagai tambahan, kami juga akan memberikan beberapa tips pada saat membeli camilan untuk lebaran, di antaranya adalah sebagai berikut.

Bandingkan Harga dengan Toko Lain

Pada saat membeli jajanan camilan di sebuah toko, Anda juga bisa melihat-lihat daftar harga dengan toko yang lain. Tapi pastikan, kualitasnya pun sepadan dengan harga yang Anda dapatkan.

Lihat Kembali Kemasan Camilan

Meskipun harganya terjangkau, Anda juga perlu melihat kembali kemasan pada camilan yang akan Anda beli. Jangan sampai produk yang Anda dapatkan memiliki kerusakan pada camilan. Anda juga perlu melihat kembali tanggal kadaluarsa pada produk yang akan Anda beli.

Lihat Warna Camilan

Jangan lupa untuk cermati warna camilan yang Anda beli, ditakutkan ada penjual iseng yang menjual camilannya dengan pewarna buatan yang bisa membahayakan Anda.

Nah, Itu dia rekomendasi camilan dan tips dari kami pada saat membeli jajanan lebaran kiloan untuk di rumah.
Semoga artikel camilan lebaran ini bisa bermanfaat!

×
ResepMamiku.com